Road to Internasional Accreditation, Program Studi Kesejahteraan Sosial Gelar Pemutakhiran Visi Prodi dan Workshop Penyusunan RPS Berorientasi Internasional

Selasa, 12 September 2023 11:58 WIB   PROGRAM STUDI KESEJAHTERAAN SOSIAL

Malang (31/08/2023 – 02/09/2023) – Menuju akreditasi internasional, Program Studi (Prodi) Kesejahteraan Sosial FISIP Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mempersiapkan diri mengikuti standar internasional, FIBAA. Persiapan akreditasi internasional dikemas dalam acara Lokakarya Evaluasi dan Pemutakhiran Visi, Misi, Tujuan dan Strategi (VMTS) Prodi Kesejahteraan Sosial Berorientasi Internasional. Kegiatan ini dilaksanakan di Hall Kapal Garden Hotel UMM pada tanggal 31 Agustus 2023 – 1 September 2023. Acara Lokakarya Prodi Kesejahteraan Sosial dipandu oleh Bapak Dr. Fauzik Lendriyono, M.Si selaku Ketua Prodi (Kaprodi) Kesejahteraan Sosial. Disampaikan kaprodi bahwa lokakarya ini bertujuan untuk meninjau kembali Visi, Misi, Tujuan dan Strategi (VMTS) prodi untuk disesuaikan dengan perkembangan zaman.  Lokakarya dibuka oleh Dekan FISIP UMM, Bapak Prof. Dr. Muslimin Machmud, M.Si. yang menyampaikan bahwa diharapkan lokakarya ini dapat mendukung International Recognition sebagaimana :

“dengan ini acara ini saya buka dan harapannya pada tahun 2024 seluruh program studi di Universitas Muhammadiyah Malang sudah terakreditasi internasional FIBAA.”

Selajan dengan yang diharapkan oleh bapak dekan, Program Studi (Prodi) Kesejahteraan Sosial FISIP Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) juga berharap untuk diperlancar dalam menjalankan proses akreditasi internasional, FIBAA. Hal ini disampaikan oleh Bapak Eko Rizqi Purwo Widodo, MSW. :

“Kita harus semangat dalam menyusun chapter 1&2 dan harus jalan sehingga bisa dilanjut ke chapter selanjutnya. Semoga berjalan dengan lancar untuk proses akreditasi internasional FIBAA.”

Pada acara ini membahas beberapa hal yang berkaitan dengan proses menuju akreditasi internasional, FIBAA. Materi yang dibahas antara lain penjelasan, proses, persiapan dan penilaian FIBAA; Review Visi, Misi, Tujuan dan Strategi (VMTS) Prodi Kesejahteraan Sosial; dan Transformasi standar nasional dan akreditasi pendidikan tinggi. Materi ini disampaikan oleh UPT. Akreditasi dan Pemeringkatan UMM, Ketua Prodi (Kaprodi) Kesejahteraan Sosial, dan Prof. Dr. Ainur Rofieq, M. Kes. Acara ini berjalan lancar dengan diwarnai diskusi dan saling bertukar pikiran untuk mewujudkan tujuan bersama yaitu Program Studi (Prodi) Kesejahteraan Sosial Berorientasi Internasional.

Akreditasi Internasional yang sedang disusun oleh Program Studi (Prodi) Kesejahteraan Sosial, diawali dengan mereview Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang berorientasi Internasional. Penyusunan RPS ini berpedoman pada kurikulum OBE-MBKM yang berorientasi luaran yang sejalan dengan kegiatan MBKM.

Acara Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), dilaksanakan di Hall Kapal Garden Hotel UMM pada tanggal 2 September 2023. Acara ini dihadiri oleh seluruh dosen Prodi Kesejahteraan Sosial FISIP Universitas Muhammadiyah Malang, staff prodi, dan laboran kesejahteraan sosial. Workshop penyusunan RPS berbasis OBE-MBKM berorientasi internasional disampaikan oleh dosen-dosen prodi kesejahteraan sosial yaitu Prof. Dr. Oman Sukmana, M.Si., dan Dra. Juli Astutik, M.Si.

Pemutakhiran visi Prodi Kesejahteraan Sosial dan workshop penyusunan RPS berorientasi internasional ini diharapkan dapat mewujudkan kualitas pendidikan di Prodi Kesejahteraan Sosial 

Shared: