A. Latar Belakang
Kita menyadari bersama bahwa masih terdapat keragaman dan kesenjangan pemahaman terhadap materi-materi keilmuan pekerjaan sosial/kesejahteraan sosial yang diberikan oleh lembaga pendidikan pekerjaan sosial/lkesejahteraan sosial di Indonesia. Kondisi ini tentu akan berpengaruh terhadap kualitas keilmuan dan kapasitas mahasiswa yang diluluskan. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut, mulai latarbelakang dan kapasitas para pendidiknya, fasilitas kepustakaan, perkembangan keilmuan dan isu-isu sosial, serta sejarah dan pengalaman dalam mengelola program pendidikan. Kondisi ini telah mendorong pengurus Ikatan Pendidikan Pekerjaan Sosial Indonesia (IPPSI) untuk terus mengembangkan mutu pendidikan pada lembaga yang berada di bawah naungannya, dengan menyelenggarakan beberapa lokakarya.
Lokakarya nasional penyusunan Garis Besar Program Pengajaran (GBPP) Kurikulum Inti adalah merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan Ikatan Pendidikan Pekerjaan Sosial Indonesia (IPPSI), mulai dari workshop standard competence pekerjaan sosial/kesejahteraan sosial di Universitas Indonesia, Depok, pada bulan Maret 2010, kemudian dilanjutkan lokakarya nasional penyusunan kurikulum inti pendidikan pekerjaan sosial/kesejahteraan sosial di Universitas Jember, 4-5 oktober 2010.
Tujuan lokakarya ini adalah untuk membahas muatan materi dari masing-masing mata kuliah yang merupakan kurikulum inti pendidikan pekerjaan sosial/kesejahteraan sosial. Hasil dari lokakarya ini diharapkan akan menjadi standar dan acuan materi pengajaran bagi pengelola pendidikan pendidikan pekerjaan sosial/kesejahteraan sosial di Indonesia sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengetahuan bagi anak didiknya. Disadari juga bahwa masukan dari Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia sangatlah penting. Asosiasi ini adalah representasi para pekerja sosial yang merupakan produk pendidikan pekerjaan sosial/kesejahteraan sosial, yang menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang dipelajarinya di sekolah. Disamping itu masukan dari pemakai lulusan cukup penting agar materi yang disusun dapat sesuai dengan kebutuhan di lapangan kerja. Ada banyak institusi yang sangat konsen dan sangat membutuhkan pekerja sosial yang memiliki kapasitas profesional. Dalam level nasional, seperti Kemensos, dan beberapa kementrian serta lembaga-lembaga swasta lainnya. Sedangkan dalam level inernasional adalah seperti UNICEF dan lain-lain.
Dalam lokakarya ini yang mewakili user adalah UNICEF yang menaruh perhatian besar pada kesejahteraan anak. Isu anak sangatlah penting mengingat dewasa ini kebutuhan akan pekerja sosial anak terlihat nyata, sehingga perlu direspon dengan baik oleh lembaga pendidikan. Dengan memperhatikan masukan dari profesi dan pemakai lulusan, diharapkan GBPP yang disusun dalam lokakarya ini akan lebih menapak pada kebutuhan nyata di lapangan.
B. Tujuan
Untuk merumuskan standar materi pengajaran yang tercermin dalam Garis Besar Program Pengajaran (GBPP)
C. Keluaran
Rumusan Garis Besar Program Pengajaran (GBPP) dari 19 mata kuliah yang telah ditetapkan dalam lokakarya nasional penyusunan kurikulum inti pendidikan pekerjaan sosial/kesejahteraan sosial di Jember, 4-5 oktober 2010.
Namun disadari, kondisi anggota IPPSI sangat variatif, karena itu pada satu sisi IPPSI berusaha semaksimal mungkin memfasilitasi anggotanya dengan menyusun GBPP secara utuh, namun pada sisi lain keberagaman sekolah juga perlu diakomodasi. Karena itu, sekolah- anggota IPPSI wajib mengikuti minimal 60-70% dari GBPP tiap mata kuliah kurikulum inti nasional, namun sekiranya anggota IPPSI ingin menerapkan keseluruhan GBPP dari masing-masing mata kuliah tersebut, hal ini juga dimungkinkan karena GBPP secara utuh juga tersedia.
D. DISKUSI
Agar Lokakarya nasional dapat berjalan secara efektif dan efisien maka IPPSI telah membentuk team yang terdiri dari 10 orang sebagai Steering Committee untuk merumuskan draft materi Garis Besar Program Pengajaran (GBPP). Selanjutnya materi yang telah dibuat oleh team akan didiskusikan lebih lanjut melalui diskusi kelompok yang terdiri dari:
KELP. |
MATERI PEMBAHASAN GBPP |
FASILITATOR |
I |
1. Nilai, Etika Perkerjaan Sosial /Kesejahteraan Sosial dan HAM Atau Filsafat ,Etika Perkerjaan Sosial /Kesejahteraan Sosial dan HAM. 2. Psikologi Untuk Pekerjaan Sosial/Kesejahteraan Sosial, 3. Perundang-Undangan Sosial. |
Fentiny Nugroho Nurliana Cipta Sari Eti Rahayu |
II |
1. Sosiologi Untuk Pekerjaan Sosial, 2. Penelitian Pekerjaan Sosial/Kesejahteraan Sosial. |
Kanya Eka Santi |
III |
1. Tingkah Laku Manusia dan Lingkungan Sosial (Tingkah Laku Manusia dalam Lingkungan Sosial). 2. Teori Pekerjaan Sosial/Kesejahteraan Sosial |
Didiet Widiowati |
IV |
1. Kebijakan dan Perencanaan Sosial, 2. Pengantar Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial Atau Pengantar Ilmu Kesejahteraan Sosial |
IsbandiRukminto Adi |
V |
1. Praktik Pekerjaan Sosial dengan Individu dan Keluarga atau Intervensi dengan Individu dan Keluarga, 2. Supervisi Pekerjaan Sosial. |
Cynthia Pattiasenna |
VI |
1. Praktik Pekerjaan Sosial dengan Kelompok atau Intervensi dengan Kelompok, 2. Praktik Pekerjaan Sosial dengan Komunitas dan Organisasi atau Intervensi dengan komunitas dan Organisasi |
Rudi Saprudin Darwis |
VII |
1. Sistem Pelayanan Sosial atau Sistem Usaha Kesejahteraan Sosial, 2. Supervisi Pekerjaan Sosial
|
Rinekso Kartono Sonny A. Nulhaqim |
E. Acara Kegiatan Pembukaan Workshop
Kegiatan pembukaan Lokakarya dilakukan hari pertama dengan susunan sebagai berikut:
1. Pengantar dari pembawa acara.
2. Sambutan dan ucapan selamat datang dari Dekan FISIP Universitas Muhammadiyah Malang.
3. Sambutan dari Ketua Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP Universitas Muhammadiyah Malang.
4. Sambutan dari Ketua Ikatan Pendidikan Pekerjaan Sosial Indonesia.
5. Sambutan Kepala BADIKLIT Kesejahteraan Sosial Kemensos RI
6. Do’a
7. Ramah Tamah
8. Session: penjelasan mengenai KKNI (yang menjadi rujukan dalam perumusan GBPP) dan masukan dari User (Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia dan UNICEF)
9. Penjelasan teknik dan proses workshop oleh Koordinator Steering committee.
10. Pembahasan GBPP di dalam kelompok-kelompok
11. Pleno
12. Pembacaan Keputusandan Penutup
Tanggal | : | Senin, 13 Juni 2011 00:00 WIB - 13 Juni 2011 |
Tempat | : | UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG |