FISIP Competition, Mahasiswa Kesos Raih Dua Juara Sekaligus

Selasa, 18 Juni 2013 00:00 WIB

Untuk menyemarakkan momen penghargaan bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UMM, maka Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP menyelenggarakan acara Awarding FISIP yang berlangsung di Aula BAU (18/6). Pada kesempatan itu Pembantu Dekan (PD) III FISIP Abdullah Masmuhdidaulat untuk membuka acara tersebut. Acara yang dihadiri sekitar 70 mahasiswa FISIP berbagai angkatan itu berlangsung meriah.

Berbagai macam penghargaan diraih oleh mahasiswa FISIP, salah satunya adalah Andi Slamet Riadhy, mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial angkatan 2012 yang mendulang dua prestasi sekaligus. Ia dinobatkan sebagai Juara II Lomba Pidato Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Awalnya dirinya mengikuti kompetisi tersebut hanya sekedar menyumbangkan partisipasinya sekaligus perwakilan dari kelasnya. “Tidak kepikiran bahwa saya akan menang dan alhamdulillah  kami mampu membawa nama jurusan,” tutur mahasiswa asal Makasar itu.

Mahasiswa yang menjadi peserta terbaik Pendidikan Pengembangan Kepribadian dan Kepemimpinan (P2KK)  2012 itu dalam pidato Bahasa Inggrisnya mengemukakan tentang keadaan sosial dan politik yang ada di Indonesia saat ini. Ia mencoba mengkritisi realita politik yang sedang marak di bidang hukum. Menurutnya, keadaan politik saat ini lebih tajam ke bawah dan tumpul di atas. “Hal inilah yang perlu disadari dan dicermati mahasiswa, berbagai macam permasalahan hukum saat ini lebih berpihak pada orang-orang yang memiliki otoritas dan uang,” ungkap laki-laki kelahiran bulan Agustus itu.

Sementara itu, dalam pidato Bahasa Indonesia Andi mengupas tentang generasi Indonesia yang harus memiliki konsistensi diri dan komitmen dengan pendiriannya. Mahasiswa yang merupakan generasi selanjutnya nanti harus mampu merubah bangsa dari keadaannya yang terpuruk menjadi bangsa yang lebih baik. “Karena bagaimanapun mahasiswa merupakanagen of change, siapa lagi yang akan merubah bangsa kalau mahasiswa tidak turut bergerak untuk merubahnya,” cetusnya.

Sedangkan, Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Kesejahteraan Sosial (HIMAKS) Kusuma Wardhani mengutarakan kebanggaannya terhadap prestasi mahasiswa Kesos yang mampu bersaing dengan jurusan-jurusan lain di tingkat fakultas. “Saya berharap nantinya ada regenerasi yang menjadi juara selanjutnya,” pungkasnya. nik

Tanggal : 18 Juni 2013
Tempat : Aula BAU

Shared: