Ilmu Kesejahteraan Sosial
Universitas Muhammadiyah Malang
Ilmu Kesejahteraan Sosial
Universitas Muhammadiyah Malang

Laboratorium

Dokumentasi LIKS:
Hasil Penelitian:
 
 
PERILAKU SEKSUAL DI KALANGAN MAHASISWA
(Studi kasus terhadap mahasiswa yang sudah pernah melakukan hubungan seksual di Perumahan X Dinoyo)
 
Mochammad Soli 
 
Objek studi ini adalah mengenai perilaku seksual di kalangan mahasiswa. Karena selama ini banyak fenomena tentang perilaku seks pada mahasiswa. Karena kalau kita kritisi masalah seks tidak dapat dipisahkan dari kehidupan mahasiswa, karena seks sudah menjadi sebagian kecil kebutuhan mahasiswa dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan mereka. Selain itu bagi mereka yang tinggal di lingkungan perumahan sangat bebas untuk bisa melakukan perilaku seks tersebut. Karena dalam lingkungan perumahan kurang adanya kontrol sosial dari masyarakat setempat sehingga para mahasiswa pada khususnya dapat melakukan perbuatan tersebut.
 
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif yaitu menggambarkan bagaimana fenomena tentang perilaku seksual di kalangan mahasiswa. 
 
Adapun populasi penelitian adalah mahasiswa yang kost di lingkungan perumahan Tata Surya Dinoyo Malang. Sampel diambil adalah menggunakan teknik Purposive Sampling, yang jumlahnya telah ditentukan oleh peneliti berdasarkan kriteria yang ditentukan peneiti.
 
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara dengan informan sehingga kesimpulan dari semua jawaban informan benar-benar valid dari keterangan informan tersebut.
 
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahawa perilaku seksual di kalangan mahasiswa yang khususnya mereka tinggal di lingkungan perumahan tata surya dinoyo, sebagian dari mereka sudah pernah melakukan hubungan seksual. Perilaku seksual di kalangan mahasiswa terjadi akibat kurang adanya kontrol sosial dari masyarakat sekitar lingkungan perumahan. 
 
 

 
Shared: